Apa yang sebenarnya diukur oleh timbangan? Berat atau massa?



Apa yang sebenarnya diukur oleh timbangan? Berat atau massa?

Jika jawabannya berat, maka yang dipertanyakan adalah mengapa satuannya kilogram? Seharusnya satuan berat adalah Newton (kg m/s2)
Jika jawabannya massa, yang  jadi pertanyaannya adalah seandainya kita gunakan timbangan tersebut di tempat lain seperti bulan, luar angkasa, atau dalam air,  Apakah menunjukkan angka yang sama? Tentu tidak sama, mengapa? Padahal massa seharusnya diukur dimana pun sama.
Sumber gambar: http://www.united-academics.org/

Lalu mana yang benar??
Kalau dari segi bahasa mungkin memang sepertinya agak keliru jika kita mengukur berat kemudian dijawab dengan satuan kilogram, karena seharusnya berat bersatuan newton. 

Berat dan massa merupakan hal berbeda satu sama lain. Massa merupakan sesuatu yang menunjukkan seberapa lembam suatu benda. Semakin besaar massanya semakin sulit digerakkan. Sebagai contoh: Bola basket lebih mudah kita dorong dibandingkan dengan bola bowling. Hal ini disebabkan karena bola basket massanya lebih rendah dari pada massa bola bowling. Massa memiliki satuan international kilogram dan  tidak berubah walaupun diukur di tempat yang berbeda (kecuali kita ada efek relativitas). Jadi pengukuran di bumi, bulan, luar angkasa, dalam air, seharusnya memiliki hasil yang sama. 

Di sisi lain, berat adalah sebuah gaya, dalam hal ini sebenarnya berat adalah gaya tarik menarik antara bumi dan benda tersebut (Gaya gravitasi). Oleh karena itu berat selalu mempunyai arah ke bumi (bawah). Gaya merupakan hasil kali dari massa dengan percepatan gravitasi, dimana percepatan gravitasi bumi sekitar 9.8 m/s2. Karena berat dipengaruhi oleh percepatan gravitasi, maka berat akan bervaraiasi tergantung dimana berat diukur. Berat benda yang diukur di bumi akan berbeda pula dengan berat yang diukur di bumi.
Timbangan sebenarnya merasakan berat dari sebuah benda yang diukurnya. Namun karena rata-rata percepatan gravitasi bumi telah diketahui maka massa dapat dengan mudah dihitung, yaitu massa adalah berat dibagi percepata gravitasi (m=W/g). Jadi sebenarnya timbangan akan menunjukkan angka yang berbeda pada tempat yang berbeda sesuai dengan percepetan gravitasi di tempat tersebut. Seandainya kita ingin mengukur massa di bulan, maka dibutuhkan timbangan yang disesuaikan dengan percepatan gravitasi bulan.

3 comments: