Teknik Sederhana Pemasangan Modul Termoelektrik / Peltier


Teknik penggunaan modul termoelektrik setidaknya harus dilengkapi dengan beberapa komponen lain, yaitu: DC Power Supply, heat sink dan kipas (fan). Kemudian Thermal Interface Material juga diperlukan ketika meletakkan modul termoelektrik di heat sink. Secara umum perlengkapan minimal untuk pemasangan seperti pada gambar di bawah ini.



DC Power Supply
Listrik yang ada pada bangunan seperti rumah dan gedung adalah lstrik bolak-balik (AC). Sedangkan untuk mengaktifkan modul termoelektrik dibutuhkan listrik searah (DC). DC Power supply berfungsi untuk mengubah listrik AC ke DC dengan tegangan tertentu. Modul termoelektrik yang digunakan adalah TEC1 12706 yang memiliki spesifikasi tegangan sekitar 12V dan arus sekitar 4-6 A. Oleh karena itu DC power supply yang digunakan setidaknya memiliki spesifikasi yang sama atau lebih. Power supply yang digunakan dalam contoh ini adalah power supply 12 V, 10 A. 

Heat Sink dan kipas (fan)
Pada saat modul termoelektrik dialiri arus listrik maka terjadi penyerapan kalor di sisi dingin dan pembuangan kalor di sisi panas. Jika pembuangan kalor berlangsung dengan baik maka temperaturnya di sisi panas dapat terjaga dengan baik sehingga temperatur di sisi dingin menjadi lebih rendah. Heat sink dan kipas digunakan mengoptimalkan pembuangan kalor ini. Heat sink yang digunakan dalam praktek ini berukuran 96 x 96 k 26 mm dengan delapan buah sirip. Sedangkan kipas yang digunakan adalah 12V DC.

Thermal Interface Material (Thermal Pasta)
Thermal pasta digunakan untuk mengurangi hambatan panas pada interface antara heat sink dan modul termoelektrik. Secara teori walaupun heat sink dan modul termoelektrik terlihat rata dan halus, namun hanya sebagian yang kontak langsung pada saat modul termoelektrik diletakkan di heatsink. Thermal pasta berfungsi untuk memperbesar kontak area ini.

Langkah-langkah pemasangan

1.    Oleskan thermal pasta di sisi panas modul termoelektrik. Sisi panas ditunjukkan oleh sisi yang tidak tertulis apa-apa. Sebenarnya sisi panas dan dingin dari sebuah modul termoelektrik bisa di ubag jika arusnya dibalik. Namun, dalam hal ini, standar kabel merah untuk kutub positif dan hitam untuk negatif digunakan untuk pemasangan kabel.




2.      Letakkan modul termoelektrik yang sudah diolesi thermal pasta pada heat sink



3.      Letakkan kipas (fan) dibawah heat sink kemudian sambungkan kabel termoelektrik dan kipas ke power supply secara paralel. Hal ini digunukan untuk mendapatkan tegangan 12 V baik untuk modul termoelektrik maupun kipas.




4.      Letakkan sistem yang sudah dibuat dari langkah 1 sampai dengan langkah 3 sedemikian sehingga terdapat celah dibawah kipas. Hal ini bertujuan agar ada udara (angin) yang mengailir dari bawah menuju heat sink yang kemudian membuang kalornya. Kemudian sambungkan ke sumber listrik AC (PLN).


6.       Dengan cara seperti ini maka modul termoelektrik dan fan telah bekerja. Tunggu beberapa detik, maka dapat dirasakan bahwa modul termoelektrik sudah sangat dingin. Jika dinyalakan lebih lama maka akan terbentuk embun (kondensat) atau bahkan terbentuk es. Terlihat pada gambar dibawah, peltier hampir selurhnya tertutup es. Untuk pemasangan seperti ada kemungkinan hanya terasa dingin namun tidak sampai membentuk es. Hal ini dikarenakan kualitas Termoelektrik tidak semuanya seragam. Berdasarkan pengalaman penulis, sering kali ditemukan modul termoelektrik baru yang sangat bagus (sampai membentuk es), kurang bagus, hingga rusak.


Prosedur penggunaan modul termoelektrik relatif mudah. Selanjutnya adalah bagaimana menggunakan modul termoelektrik untuk kebutuhan tertentu. Ada ide??

Keyword: Peltier, Thermoelectric, Termoelektrik, Teknik Pemasangan

Referensi:

"Method for thermoelectric cooler utilization using manufacturer’s technical information"

291 comments:

  1. Mantap gan, mampir yo ke mutcil.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Bisa digunakan untuk pendingin di mobil non ac,,dgn cara letakan di depan kipas angin, dan suhu dingin tersebut tertiup angin dr kipas, jadi bisa mendungunkan ruangan mobil..kalauingin lbh dingin, bisa di tambah periter lagi

    ReplyDelete
  3. Bisa digunakan untuk pendingin di mobil non ac,,dgn cara letakan di depan kipas angin, dan suhu dingin tersebut tertiup angin dr kipas, jadi bisa mendungunkan ruangan mobil..kalauingin lbh dingin, bisa di tambah periter lagi

    ReplyDelete
  4. tapi kmaren saya test peltiernya dinginnya tu cuman sebentar habis tu panas lagi smuanya gmn tu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh jawab gan, itu dikarenakan sisi panasnya tidak di fasilitasi oleh pembuang panas yang baik. Sistem kerja alat ini adalah semakin bagus pembuangan energi panas, maka sisi dingin nya semakin dingin. Oleh karena itu pasang heatshing yang bagus dan beri kipas seperti telah di jelaskan di atas gan. Note: koreksi kalau keliru.

      Delete
    2. Terima kasih mas clio atas jawabannya. Saya sependapat dengan mas

      Delete
    3. saya sudah coba mas pakek heatsink dan kipas di bawahnya amas cilo, ttapi lama kelamaan heatsink nya juga ikuta panas kemudian thermoelektrika bagian atas juga ikut panas, ada solusi lain gak mas?

      Delete
    4. Mas pake peltiernya seri apa ya?dipasang tegangan berapa?
      Seharusnya sih tetap dingin kalau pasangnya benar.
      Coba diperhatiakan:
      1. apa sudah dikasih celah udara agar udara bisa mengalir oleh kipas
      2. Termal pastanya dipakai

      Kalau itu memang sudah dilakukan kemungkinan permasalahan ada di peltiernya.

      Delete
    5. Cara gampangnya begi gan, kalau pingin heatshing tidak panas, sein kipas, pakaikan sirkulasi air. Bahan nya menggunakan pipa kuningan ac, lalu air disesot dan disemburkan oleh generator yang buat aquarium. Pengalama saya telah merakit ac menggunakan 6 komponen peltier dan rekayasa air, mampu menyamai dingin nya ac 1/4 pk. Kalai mau liat foto nya, silahkan pm ke email saya

      Delete
    6. Boleh donk gan foto rangkaian peltier.
      Mau nyoba bikin ni gan.
      Speksifikasinya sekalian ya gan.
      Trimakasih.

      Delete
    7. Minta penampakannya bos,cara merakit gmn.

      Delete
    8. Minta penampakannya bos,cara merakit gmn.

      Delete
    9. mas clio bisa tolong kirim ke email saya gambar pendingin ruangan buatan mas soal nya saya butuh trimakasih mas ,,bagus21051995@gmail.com

      Delete
    10. mas boleh minta fotonya juga soalnya saya butuh.. ini email saya mas asepnusantara@gmail.com terima kasih

      Delete
  5. Maaf gan, jadi itu kipas nya nyedot udara panasnya kan? biar gak kebalik masang kipas hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa niup bisa hisap.
      Tapi lebih bagus niup ke heatsink.

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. dan satu lagi gan, alat ini berbahaya katanya klo dijadikan semacam AC mini(buatan sendiri), soalnya dingin yg dihasilkan merupakan hasil "emulasi" kondensasi yg menghasilkan uap air. nah klo peltier ini di tempelkan ke kipas (utk disebar dinginnya) maka uap air akan ikut tersebar. padahal paru2 tdk boleh kemasukan air/uap air. krn itulah mengapa ac konvensional menggunakan freon sbg media nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Reza Ardian, ini penjelasan saya (mohon koreksi jika saya salah):
      1. dingin yang dihasilkan oleh Termoelekktrik ini adalah karena efek peltier yaitu fenomena yang terjadi jika dua bahan berbeda teraliri arus listrik.

      Kondensasi yang terjadi pada permukaan modul termoelektrik adalah karena udara sekitarnya sudah jenuh akibat temperatur yang rendah.Hal yang sama terjadi jika ada segelas air dingin/es yang kemudian terjadi pengembunan di permukaan gelas.

      Intinya adalah bukan karena kondensasi menjadi dingin, akan tetapi karena dingin terjadilah kondensasi

      2. Freon dalam AC konvensional tidak bercampur dengan udara. Freon mempunyai siklus sendiri. Dalam AC (bagian evaporator) juga tejadi kondensasi buktinya adalah biasanya ada saluran air yang dialirkan keluar ruangan. Air inilah hasil dari kondensasi.

      3. Udara yang kita hirup selalu ada kandungan uap air. Inilah yang menyebabkan adanya kelembaban. Bahkan di Indonesia kelembabannya dapat mencapai 80%. Jika kita ukur kelembaban udara yang tepat keluar dari AC pun dapat mencapai 99% karena memang udara sudah jenuh di situ. Namun, dengan adanya interaksi udara ruangan maka begitu sampai tempat manusia beraktifitas menjadi turun bahkan cenderung kering.

      Delete
    2. Penjelasannya bagus sekali mas. Ilmiah.

      Delete
    3. ulasannya sangat jelas, jelas banget

      Delete
  8. mas saya mau nanya, saya udah buat seperti yang di contohkan tetapi lama kelamaan thermolektrik yang semaulanya dingin menjadi ikut panas juga, itu akenapa aya mas? ada solusinaya gak? teraiamakasih

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Saya mau bikin pendingin mini ukuran 40x40x60cm, kirakira butuh brp peltier ya untuk menginginkan suhu 10-13'C? Apa cukup 1 saja? Atau lebih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau bikin kulkas kecil ya?
      Boleh tahu bahan kotaknya apa?styrofoam kah?
      Ukuran sebesar itu tidak akan cukup pakai satu peltier TEC1 12706 untuk mencapai 13 oC. Saya perkirakan (kasar ya) mungkin butuh 6-8 buah peltier.

      Delete
    2. Mas rangkaian peltier boleh di seri atau di paraler

      Delete
    3. Bisa diseri a to parallel Mas. Tapi kalo mau dingo diparalel, jangan lupa psnya cari yang ampernya gede

      Delete
  11. Mas, itu pake 10A peltiernya ga rusak ya? Kan maks 6A? Kalo peltiernya sisi yg harusnya dingin jadi ikut panas berarti rusak ya peltiernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak rusak mas, itu power supply 10A maksudnya arus maximum yang bisa ditahan sama power supply mas. Nah itu kan tegangan 12V jadi kalo disambungin ke hambatan 2 ohm ya tetep 6A keluarnya. Jadi masih aman.
      Kalo power supply 12V itu disambungin ke TEC1-12706 dengan sistem heatsink seperti di atas arusnya juga ga 6A kok, seikitar 4 Ampere saja.
      Intinya sih jadi ga rusak kok.

      Salam,

      Tri Ayodha

      Delete
    2. @daniel. Secara teknis tidak bisa. Karena peltier bekerja tidak seperti freon yang bisa instan dalam menyediakan dingin. Akan tetapi, setelah melakukan percobaan, untuk mendinginkan ruangan 4x6 meter marus memakai 6 peltier. Dari kalkulasi watt listrik, memakai 6 peltier = ac 1/4 pk.(sudah termasuk 3 fan ac. Jadi mas daniel butuh rekayasa cassing untuk menyimpan suhu dingin sebelum di hembuskan ke luar.

      Delete
    3. mas.... terima kasih atas pencerahannya.... boleh saya minta petunjuk gambar rangkaian yang mas jelaskan diatas, kalo boleh minta dikirim ke abumie@gmail.com... terima kasih banyak sebelumnya

      Delete
  12. Mas mau tanya apa peltier tidak rusak kalau di rendem di air. Saya punya air cooler di rumah tp capek harus ganti jel atau kasi es batu. Kira kira cocok ngga buat di pasang di tanki air cooler
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau peltiernya direndem bisa rusak mas. Selain itu juga kalau direndem ya jadinya ga dingin mas. satu sisinya memang dingin tapi kan sisi lainnya panas. Panas yang dihasilkan oleh sisi panas ini lebih besar dari penyerapan kalor di sisi dingin. Jadi kalau dihitung-hitung jadinya heater bukan cooler.

      2. Air cooler sebesar apa mas? informasi aja untuk TEC1-12706 itu cooling capacity (bukan watt listrik) cuma sekitar 20-30 Watt. Jadi ya silakan saja dihitung-hitung bisa atau tidaknya. Pengalaman saya sih menggunakan peltier untuk keperluan pengingin udara adalah hal yang sangat kurang bijak. Memang dari sisi mudahnya banyak yang ingin membuat thermoelectric AC. namun, jika ditinjau dari sisi konsumsi energi, kinerjanya sangat buruk. Makanya biasanya peltier ini digunakan untuk beban yang kecil, yang sulit dijangkau sistem refrigerasi kompresi uap.

      Salam,

      Tri

      Delete
    2. saya juga punya ide kaya mas Omen, tapi saya ingin bikin airnya aja yang dingin, jadi modal pompa aquarium, nantinya air yang di penampungan air jadi dingin,

      Delete
  13. Siang mas saya mau tanya apakah bisa 2 chip peltier bisa untuk mendinginkan ruangan!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ruangan segede apa mas.
      Kalo kamar tidur ga akan bisa mas. Itu udah yang coba, butuh 6 peltier untuk kira2 sama dengan ac 1/4pk

      Delete
    2. Sekitar 300 Watt mas. Makanya sebenernya lebih hemat listrik pakai AC sistem kompresor kalau untuk AC ruangan. Termoelektrik kelebihannya ringkas dan ringan, tapi energinya boros.

      Delete
  14. siang kang mau tanya nih kalau modif air cooler biar hembusan anginnya dingin kira2 butuh berapa buah peltiernya ya, ( bukan untuk mendinginkan ruangan tapi hanya minimal hembusan anginnya bisa dingin nyess )
    rencana mau pakai water block buat sirkulasi airnya, di bagian filter air cooler pakai pipa tembaga dan selang plastik tapi belum beli soalnya masih ragu perlunya yang berapa buah peltier, soalnya water block nya ada yang bisa di pasang 1 peltier ada yang 2 peltier, ada yang 4 peltier, dan 6 peltier di pasang berjejer di waterbock nya.....
    sekian mohon masukannya...

    ReplyDelete
  15. Nanya mas.. saya masih penasaran dgn cara kerja peltier chip ini.. kl untuk mendinginkan 1 kabin mobil sedan apa bisa? Butuh brp peltier? Trs bikin ngedrop accu tidak? Sebagai pengganti AC. Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ditanya bisa atau tidak berarti jawabannya bisa.
      Butuh berapa peltier? perkiraan saya 20-30 peltier mas.
      Bikin accu ngedrop? Tentu saja, karena konsumsi energi nya besar sekali.

      komentar saya:
      Peltier ini memang sangat ringkas dan mudah digunakan. Namun kekurangannya adalah kinerjanya (COP) sangat rendah jika dibandingkan dengan AC konvensional (yang pakai kompresor). Artinya untuk mendinginkan objek yang sama peltier butuh energi yang jauh lebih besar. Sebagai perbandingan COP AC konvensional kira-kira 2, sedangkan COP peltier itu hanya sekitar 0.6. Artinya konsumsi energi peltier sekitar 3x lebih besar dari pada AC konvensional untuk mendinginkan ruangan yang sama.

      Kalau menurut pendapat saya lebih baik tetap pakai AC konvensional untuk pendingin kabin atau ruang.

      Delete
  16. Mas msh ada paket percobaan peltiernya? Saya minat kalau ada.

    ReplyDelete
  17. Ciri ciri peltier yang sudah rusak gimana??
    Klo pesan tanpa DC Power Supply boleh nggak?? Masih ada apa sudah habis?? Kira kira untuk membuat kulkas mini 5v 1a bisa nggak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Cara paling gampang cek peltier rusak atau tidak adalah dengan disambungin ke batere, kalau bisa yang 9v (kotak). Kalau kerasa panas dingin berarti blm rusak, kalo ga ada perubahan berarti rusak.
      2. Bisa mas, silakan kalau mau beli tanpa ps
      3. Stok insya Allah banyak
      4. Bisa saja, tetapi dinginnya tergantung banyak hal mas.

      Delete
  18. Siapkan air dlm wadah,dinginkan menggunakan peltier dan kemudian hembuskan dgn kipas,modifikasi sendiri dgn kreasi anda,selamat mencoba

    ReplyDelete
  19. Siapkan air dlm wadah,dinginkan menggunakan peltier dan kemudian hembuskan dgn kipas,modifikasi sendiri dgn kreasi anda,selamat mencoba

    ReplyDelete
  20. Kl semuanya dipandu nanti gak punya kepuasan,jd kreasi masing2 aja

    ReplyDelete
  21. Kl semuanya dipandu nanti gak punya kepuasan,jd kreasi masing2 aja

    ReplyDelete
  22. kalo pemakaian 4 sampai 5 peltier menggunakan aki, enaknya pake rangkaian seri atau paralel ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung mbak Nina, kalau ingin kapasitas pendinginannya lebih besar pakai paralel, Tapi arusnya jadi besar sekali.
      Diseri arus jadi lebih kecil tapi pendinginannya kurang,

      Delete
  23. Mas mau tanya, kalau peltier nya di rangkai pararel 3 buah, pada trafo 5a 12v
    1. apakah v dan a nya akan ngedrop.
    2. Berapa daya yang anda gunakan untuk membuat ac rakitan 6 peltier kemarin (v dan a)?
    3. Jika anda tidak keberatan, bolehkah saya konsultasi dengan anda lewat line saya (rizky250997)
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trafo??mungkin maksudunya DC power supply ya mas.

      1. Kalau paka DC power supply ga ngedrop mas, tapi kalau diliat 3 peltier dan PSnya adalah 12V, 5A maka secara teknis PS tidak cukup kuat sehingga kemungkinannya adalah:
      1. Jebol (ada komponen yang terbakar)
      2. Sikring dalam PS putus (Jika dilengkapi sikring)
      3. PS nyala-mati-nyala-mati, jika PS dilengkapi pengaman arus. Jika arusnya lebih dari 5 A maka otomatis ps mati, dan nyala lagi jika arusnya kurang dari 5 A

      2. yang mendoba mas clio_fans88. Saya tidak pernah mencoba. Kalo perkiraan saya 6 buah peltier yang diparalel disambungkan ke 12V DC maka konsumsi dayanya kira-kira 250-300 Watt mas.

      3. Saya ga punya line mas. Boleh aja paling lewat email (thermolab.teknis@gmail.com) atau datang ke tempat saya.

      Salam,

      Tri Ayodha

      Delete
  24. Replies
    1. Impor mas, saya biasanya beli banyak. Kalo mau beli di saya juga bisa. hehehe (sekalian promo)

      Delete
  25. masih ada mas utk 1 paket ?? boleh hub no saya mas.. saya mau pesan 085368582197

    ReplyDelete
  26. masih ada mas utk 1 paket ?? boleh hub no saya mas.. saya mau pesan 085368582197

    ReplyDelete
  27. Kalau saya dibuat kulkas mini keren bisa dinginin 1kaleng minuman

    ReplyDelete
  28. misi gan mau nanya, kalo pake 8 peltier+rangkaian water cooling+beberapa kipas dc butuh power supply berapa ampere gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mas yang di bukalapak ya?hehehe pertanyaannya sama.
      Ini jawabannya saya ulangi, mungkin ada orang lain pengin tau juga
      Kira-kira:
      300-400 Watt untuk 8 peltier
      Kipas biasanya satunya: 1-2 Watt
      Pompa : sekitar 4-5 watt
      tinggal jumlahin saja mas
      untuk nyari amperenya tinggal bagi 12
      Contoh totalnya 360Watt, berarti butuh power supply 12V, 30 A

      Delete
  29. Misi gan mau tanya.
    bagaimana ya caranya mendinginkan sebuah tabung(ember) D 40 cm dan Tinggi 60 cm dengan menggunakan peltier. targetnya suhu ruangnya antara 0 - 10 derajat ? berapa jumlah peltier dan apakah perlu dililit tabung tembaga?

    terima kasih gan

    ReplyDelete
  30. Mas klo di pakai untuk air coler, jd saya tidak perlu mengisi es batu apakah bisa,apakah tidak membuat rusak untuk air colernya

    ReplyDelete
  31. ini pertanyaan lanjutan saya yg dari toped mas
    jadi misalkan saya menggunakan batre 18650 atau powerbank dengan 3A bisa menyala mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari spek bisa mas. Tp mgkn kurang optimimum. Power bank setau sya 5V, peltier dan fan butuh 12V mas.

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. permisi mas numpang tanya apakah bisa tegangannya menggunakan trafo ct 5 Ampere.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trafo saja ga bisa mas, harus di disearahkan arusnya. bisa pakai rectifier atau bridge.

      Delete
  34. Hai gan..
    Q punya beberapa pertanyaan ni.. :)
    1. Peltiernya beli di mana, ada ga di toko² elektronik?
    2. Peltiernya apa tahan air gan? Misal terendam air dengan waktu yang lama.

    Soalnya mau bikin 1 proyek buat pendingin air aquascape.
    Mohon di jawab ya gan.

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga mas,
      1. Ada mas harusnya bisa juga beli sama saya. cek aja di sini:
      http://catatan-teknik.blogspot.co.id/p/jual-produk.html

      2. Tidak tahan air mas. selain itu juga kalau direndam ga ada gunanya mas. karena satu sisinya dingin, sisi lainnya di panas. kalau untuk mendinginkan air biasanya sisi dingin ditempelkan ke mediumnya.

      Salam,

      Tri

      Delete
  35. Replies
    1. Kalau saya ga punya mas. mungkin di tempat lain ada

      Delete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Mas knp y sya buat rangkaian sperti di atas tp dingin ny cuma sekedar saja.. Memang rangkaian berfungsi normal, tp gk begitu dingin, di bagian panas jg hangat saja. Power supply yg saya gunakan merek flash mas yg bisa d geser voltase ny dr 3v-12v 12000mau. Apa yg slah y menurut mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya ga tau juga kenapanya mas, kalau memang langkah-langkah nya sudah sama seperti du atas, kemungkinannya:
      1. Power supply nya gmn mas? 12000 mau itu apa ya?
      kalau power supply arusnya kecil ga akan dingin mas.

      2. Mungkin dari peltiernya yang performanya kurang baik. saya juga beberapa kali menemukan peltiernya kurang bagus padahal masih baru,

      Delete
  38. met mlm mas, sy lagi bikin pendingin air berupa bucket D20cm T 30cm bhn alumunium. sy pake peltier 4 buah. saya pake PS 12v 10A
    pertanyaan
    1, Kenapa dinginnya lama ya?
    2, apakah PS yg sy pake sdh cukup?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ukuran segitu kira-kira airnya 9 liter artinya 9 kg. Kenapa lama ya karena airnya banyak. Air punya kalor jenis yang besar 4200 J/kg C. Jadi butuh cooling capacity yang besar pula untuk mendinginkannya. Kaloay cooling capcity nya kecil ya akibatnya butuh waktu yang lama.

      Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahannya alumumium. itu nilai konduktifitas temalnya besar sekali. Akibatnya kalor dapat dengan mudah masuk ke air jika airnya lebih dingin dari lingkungan. Saran: coba dilapisi bahan yang nilai konduktifitasnya kecil seperti glass wool atau styrofoam

      2. Kalau dari pengalaman saya kurang mas, 4 peltier paling engga yang >12 A mas . Tapi saya heran juga kalo ps mas bisa jalan tanpa masalah.

      Delete
  39. mas, ada pertanyaan nih mengenai masalah kalo mobil ditinggal parkir kan panas krn sengat matahari :

    apakah bisa model termoelektrik ini dipakai utk mendinginkan kabin mobil ?

    kalo bisa tanpa listrik atau pemakaian minim listrik mgkn dgn tenaga surya, batere atau ngambil dari aki mobil (dgn pemakaian minimal), atau lebih bagus lagi panas matahari di body mobil

    mgkn tdk usah ada sirkulasi dlm kabin, cukup bikin dingin saja, kan tdk ada sapa2 di dlmnya pas diparkir.

    mohon pencerahannya,trims

    ReplyDelete
  40. 1. Buat kabin mobil?
    Kalo pertanyaannya bisa atau tidak, ya jawabannya bisa saja.
    Tapi butuh modul yang cukup banyak, dan perlu perhitungan kapasitas dan bebannya.

    2. tanpa listrik ga mungkin mas. karena memang harus ada arus listrik DC baik itu dari solar Cell atau aki. Performa dari peltier ini tidak cukup baik dibandingkan dengan refrigerasi kompresi uap. Jadi untuk mendinginkan hal yang sama, konsumsi energi listriknya jauh lebih besar peltier.
    3. Panas dari body mobil di jadikan listrik?
    Mengkonversi panas menjadi listrik setidaknya ada dua cara, yaitu dengan termoelektrik generator dan membuat siklus rankine.

    Termoelektrik generator efisiensi kecil sekali, dapat 2 % saja sudah bagus.
    Siklus rankine jauh lebih baik karena bisa mencapai efisiensi 30%, tapi komponennya cukup rumit dan untuk temperatur di bawah 150 Celsius sebaiknya gunakan siklus rankine organik yaitu fluida kerjanya fluida yang memilikli titik didih yang rendah seperti R134a (biasa digunakan di AC).

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum mas Tri, saya mau nanya apabila saya ingin mendinginkan sebuah box dengan Dimensi tinggi 1 Meter x tinggi 1 meter dan lebar x 1/2 meter menggunakan berapa modul peltier Ya ?

    terus untuk media penghatar dingin menggunakan bahan apa yang paling bagus ?, sementara kondisi modul peltier terletak di luar box
    mohon pencerahanya Mas tri
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas.
      Begini mas, untuk tau berapa modul peltier yang digunkanan tidak semudah itu mas. Urutan dalam perancangan sistem pendingin secara umum adalah seperti ini:
      1. Perhitungan cooling load
      2. Pemilihan sistem
      3. Konstruksi alat

      Untuk langkah pertama perhitungan cooling load dibutuhkan beberapa data seperti dimensi, sifat bahan, dan letak benda.
      Setelah dapat cooling load nya baru kita pilih sistem yang dapat menghasilkan cooling capacity sesuai dengan cooling load. disini termasuk jumlah peltier.
      Setelah itu baru konstruksi alat.

      Untuk bayangan saja, bahwa satu peltier 12706 dapat mendinginkan box kecil kira-kira ujuran 14 *14*14 cmterinsulasi sampai kira-kira 10 oC

      Delete
  42. gan, kalo buat pendingin untuk ruang 100cmx60x25cm perlu berapa peltier? konsumsi listrik brp watt

    ReplyDelete
  43. Kalau rumus cop untuk 2 peltier gmn mas? Qc nya dikali 2 aja? Trs baiknya kalau pkae 2 peltier dipasang seri afau paralel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari COP 2 peltier ya iya Qc nya 2 kali dan Win nya juga 2x selama kedua peltier kondisi operasionalnya sama

      Delete
  44. bro kenapa power supply terbakar terus ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. PS nya yang berapa ampere mas?
      Untuk satu peltier minimal pake PS yang 5A.

      Delete
  45. Gan...ane mau nanya ni,kebetulan ane punya adaptor ny yg 19v 3,4A... Bs dipakai gk buat peltier ny???

    ReplyDelete
  46. Ga bisa mas. yang rusak nanti Adaptornya.
    Dikasih 12V aja udah 3-4 A. Kalau dikasih 19 V ga akan bisa

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. 1. Saya beli modul tapi sisinya polosan ndak ada tulisan panas atau dingin, cara taunya darimana untuk sisi dingin dan panasnya ?
    2. klo pake power suply PC bisa/cocok kan, karena setahu saya itu 12V tp gak tau brp Ampere...
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Paling gampang pake batere 9volt, positif kabel merah, negatif kabel putih. Nah tinggal dirasain aja pake tangan yang dingin yang mana.
      2. Dicek dulu mas, setau saya ps pc ada warna warni kabelnya. Setiap warna tegangannya beda.

      Delete
  49. mw tanya mas,kalo peltier dipakai untuk pendingin gpu/vga card aman gak.. Cukup buat turunkan suhu agar full load jadi dibawah 40derajat. Arus yg dpakai 12volt dari psu pc. Saya pakai psu 600watt pure. Heatsink+kipas pakai bawaan dari vganya sudah ada heatpipe nya. Takutnya suhunya bisa sampai mines mlah jadi bahaya buat gpunya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. CPU/VGA berapa watt mas?
      Kalau ga tau, bisa liat di speknya.
      PSU 600 Watt itu kan kapasitasnya maximum.
      Kalau pake 1 Peltier ga akan mines mas (pengalaman), karena bebannya cukup besar.

      Delete
    2. palit gtx560ti sonix,heatsinkny dah ada heatpipe+2fan. Max power 200watt gan. Kalo full load suhu bisa 100drajat. Kalo idle sie cuma 35. Mw coba pke peltier spaya suhu y pling max nya 50/40an aja.

      Delete
    3. 200 Watt??
      Ga akan bisa kalo pake 1 peltier mas. Karena cooling capacity peltier cuma 30-40 Watt. Kalo makasain pake peltier bukannya malah dinginin malah jadi panas mas.Kalo mas mau lebih baik pakai water cooled system aja. Jauh lebih baik kalau kondisinya dan set point temperaturnya 40/50 derajat celsius

      Delete
  50. Gan sudah pernah uji coba blm dan hasilnya gmn?bs minta tlg info nya via
    Wa 085865437954

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uji coba apa?hasil yang mana?
      Isi dari postingan ini emang percobaan saya mas.

      Delete
    2. Kirain hanya skedar berbagi info tentang peltier,soalnya ga ada gambar n penjelasan secara lengkap pembuatan ac dari peltier.

      Delete
    3. Kirain hanya skedar berbagi info tentang peltier,soalnya ga ada gambar n penjelasan secara lengkap pembuatan ac dari peltier.

      Delete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Mas kalo untuk pendingin hp gimana? Karena di bberapa android itu ada yang cepet panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh belum pernah coba sih mas.
      Tapi kalo pakai peltier (kalaupun bisa), jadi makan daya baterenya cukup besar mas.

      Delete
  53. Mau tanya min, 1 keping peltier ini bisa mendinginkan ruangan buat berapa volume? Hatur nuhun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa ditentukan begitu mas. Karena variable menghitungnya bukan volumenya. Tapi dimensi ruangnya, bahan dinding ruang, beban pedinginan di dalam dan udara di luar ruang.
      Tapi yang bisa saya jawab adalah 1 peltier berdasarkan data sheet punya cooling capacity kira-kira sebesar 20-30 Watt termal.

      Delete
    2. coiling caoacity 20-30 watt termal kira2 luas brp m2 mas?

      Delete

    3. Analoginya gini mbak:
      mobil truk akan digunakan untuk mengangkut kursi. Truk ini kapasitasnya misalnya 1000 kg. Pertanyaannya kira-kira berapa kursi bisa diangkut?

      Kalau mau jawab pertanayaan ini kan harus dihitung dulu berapa total beratnya kursi kan.

      Nah kasus ini juga sama, harus dihitung dulu ruanagan yang ingin didinginkan cooling loadnya berapa. Kalau cooling loadnya kurang dari 20-30 Watt berarti 1 peltier bisa untuk itu.

      Mungkin bisa membantu.

      Delete
  54. Mau tanya mas, untuk pemasangan peltier pada dispenser itu posisinya harusnya bagaimana apakah yg dingin direkatkan pada tabung ataukah yang panas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya peltier dapat digunakan sebagai pemanas dan pendingin. Jadi kalau ingin memanaskan air, berarti sis panas yang direkatkan di tabung. Sebaliknya jika ingin mendinginkan air berarti sisi dingin yang direkatkan di tabung.

      Delete
  55. Saya sedang Mau coba menerapkan ini di Mobil tua yang blower anginnya Masih kenceng... Mau coba pasang peltier di selang angin menuju ruang kabin.. untuk membuang panas menggunakan waterblok biar panas terbuang dengan air mengalir... Tentunya dengan menyamankan pompa Dan penampung airnya... Semoga percobaan yang akan saya lakukan ini berhasil.... Doakan Saja ya.... Eheeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. pakek radiator montor vixion atau mx http://trikjitumobil.blogspot.co.id/2017/05/ac-mobil-tanpa-freon-dan-kompresor-bisa.html

      Delete
    3. pakek radiator montor vixion atau mx http://trikjitumobil.blogspot.co.id/2017/05/ac-mobil-tanpa-freon-dan-kompresor-bisa.html

      Delete
    4. Udara dingin yg dihasilkan bs bikin penumpangnya menggigil kah?
      Uji coba nya pake brp peltier?

      Delete
  56. Saya ambil peltier set dr dispenser bekas. FYI, pd dispenser, air merendam heatsink yg menempel pd peltier. Jd benar, peltiernya sndiri mah ga boleh terendam air.
    Pertinyiinnyii... apakah kapasitas pendinginan peltier yg masbro jual kira2 lbh besar dr yg biasa digunakn pd dispenser?
    Krn trnyata itu peltier cabutan tdk bs bekerja spt yg diharapkan. Dipegang sih dingin dan berembun... tp ga sampe jd es spt pd foto di atas.
    Mungkin masnya ga tau jenis atau type peltier yg sy cabut krn mmg bs stiap merk dispenser beda2. Perkiraan saja mas. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw... saya sdg mencoba mmbuat kulkas mini dr coolbox. Artinya... masalah bahan, insulasi dll sy pikir seharusnya sdh mendukung utk pendinginan. Betul tdk? Mohon koreksi bila salah. Ukuran Agak besar sih... skitar 30x40x25.
      Syukur kalo bs pake 1 peltier. Kalo harus 2 yaa trpaksa. Krn konsumsi listrik jd lmayan besar... Skitar 100 watt yaa?? Betul mas?
      Mohin review nya mas yg baik hati dan tsk sombong. :)

      Btw lagi... sy baca smua bahkan komen, pertanyaan dan jawaban2nya. Epmu sy nambah byk. Terimakasih sekali mas. Semoga menjd amal baik dg pahala dan kebaikan yg lebih dr Allah.
      Aamiiin

      Delete
    2. Mas Wareum, mungkin komentar saya kurang lebih seperti ini:
      1. Saya tidak tahu kapasitas pendinginan yang dipakai dispenser. Jadi saya tidak tahu apakah yang saya jual lebih besar atau tidak kapasitas pendinginanya. Termoelektrik/Peltier yang saya jual antara lain: TEC1-12706, TEC1-12715, dan SP1848 27145. Mungkin mas bisa bandingkan dari datasheetnya.

      2. Kenapa hanya berermbun tidak menjadi es?
      Banyak faktor mas: bisa jadi pembuangan kalor di sisi panas kurang baik, bisa jadi thermal pasta tidak merata, bisa jadi beban pendinginannya tidak sama dengan yang kami coba, dan memang bisa jadi juga kapasitas pendinginan peltier yang
      digunakan berbeda

      3. Betul mas, dengan coolbox sudah meminimalisasi beban pendinginan. tinggal pastika tidak ada celah yang memungkinakan udara luar masuk ke dalam.

      4. Pakai 1 peltier/ 2 peltier?
      Tergantung dari suhu yang ingin didinginkan. Semakin dingin suhu yang diinginkan semakin banyak sistem peltier yang dibutuhkan. Yup betul untuk satu peltier kita-kita minta 40-50 Watt sehingga untuk dua pelteier bisa 80-100 Watt.

      5. Amiin, Terima kasih doanya. Semoga kebaikan dari doa akan didapatkan pula bagi yang mendoakan, Insya Allah.

      Salam,

      Tri

      Delete
  57. Boleh digunakan maksimum berapa jam? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari datasheer umurnya 200000 jam (dua ratus ribu jam)

      Delete
  58. Boleh digunakan maksimum berapa jam? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. Mau nnya mas
    Sya pasang peltier yang sisi panasnya sya pasang waterblock yg d lwatkan k mini radiator dan 1 fan
    sya memkai ps 6a
    Kenpa pada sisi dingin nya tidak membeku sprti yg gmbr d atas yg pembuang panasnya hanya pkai heatsink dan fan?
    Sudah gnti peltier tapi hsilny tetap sama cuman dpat 16drjt aja pada sisi dingin ..
    Mohon arahannya ..
    Terima ksih mas ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tangkap informasinya berarti seperti ini:
      1. Pakai water block dan radiator
      2. Power supply 6 A
      3. Tidak membeku
      Begitu kan mas?

      Penyebab kurang dinginnya peltier ada macem2 mas, kalau dilihat dari keadaan percobaan mas yang sebutkan, maka

      1. Sisi dingin peltier dibiarkan begitu saja atau dipasang heatsink juga? Kalau dipasang sesuatu berarti beban pendinginan meningkat. Inilah penyebab tidak membekunya sisi dingin peltier

      2. Apakah pemasangan waterblock dan peltier memakai thermal pasta? Jika tidak bisa jadi ini penyebabnya karena pembuangang panas dari sisi panas peltier menjadi rendah

      3. Power supply 6A, berapa teganagannya? kalau kurang dari 12 mungkin ini penyebabnya karena mau tidak mau arusnya tidak besar jadinya

      4. TECnya jenis apa?
      Untuk percobaan yang saya post ini menggunakan TEC1-12706. Silakan dicek kemungkinan penyebab dari 1-4 ini. Jika sudah OK semua berarti TECnya yang kurang bagus.

      TEC1-12706 ini buatan cina, sepertinya QCnya kurang baik. Saya sering menemukan yang cacat atau bahkan rusak.

      Delete
  61. Misi mas..mau nanya,saya menggunakan power auply switcing 12V 5A untuk peltier,tapi dinginnya hanya sebentar setelah itu kedua sisinya jadi panas...pendingnya hanya menggunakan HS dan fan...
    Makasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pakai thermal paste pas nempelin peltier ke heatsink?
      Heat sink dan fannya sebesar apa?

      Delete
  62. Mas mau tanya, saya pakai 2 peltier+pompa,PS nya 12v5a
    Yg mau d tanyakan
    -peltier ny d rangkai seri/paralel mas ?
    -trus untuk output dc pompa gmn mas...?

    -

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 peltier?
      kalo di paralel ga akan cukup mas soalnya psnya cuma 5A. yang jebol psnya nanti. Jadi kalau memang mau mendingan di seri saja walaupun jadinya dinginnya ga maximal karena arusnya jadi kecil.

      trus untuk output dc pompa gmn mas...?
      Duh kurang jelas mas, pompaya buat apa? speknya gimana?

      Delete
  63. suhu ruangan dan beban pendinginan yg terpasang d atas peltier juga menyebabkan ga bisa beku ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak,
      Suhu ruangan yang tinggi membuat suhu sisi panas peltier naik dan beban jadi lebih besar.'

      Delete
  64. mas mw tanya dong...kalo rangkaian pengatur suhu buat peltier ada gak sih?
    soalnya buat pendingin aquarium ...trus kalo mau buat suhu stabil misal(20°) pakai apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai thermostat digital aja mas, bisa diatur mau di suhu berapa. Udah banyak yang jual termasuk sensor dan relaynya.

      Delete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. http://trikjitumobil.blogspot.co.id/2017/05/ac-mobil-tanpa-freon-dan-kompresor-bisa.html

    ReplyDelete
  68. Mas saya mau tanya ps leptop 19v 1,35a bisa gak utk menyuplai peltier + fan 12v.

    ReplyDelete
  69. Salam, mas saya mau beli dong. Gimana ya caranya mas? Mau nyoba

    ReplyDelete
  70. pak saya mau tanya kalo sisi panas peltier didinginin pakai waterblock yg satu set sama radiator cooling bisa optimal ga

    ReplyDelete
  71. Gan Mau tanya untuk 2 peltier dinginkan akuarium 70 liter bisa turun berapa derajat?
    Saat ini ada rakit 2 peltier tapi turun cuman 1 derajat

    ReplyDelete
  72. selamat malam mas admin,,
    sya pemula kurang paham,,
    untuk kipas itu kungsi nya buat apa yah, untuk menarik panas apa untuk bantuan mendingingkan,,
    sya membuat kulkas mini,,
    trimakasih ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam, kipas fungsinya untuk mengalirkan udara diselitar heat sink, dengan harapan koefisien konveskinya menjadi lebih besar sehingga perpindahan kalornya lebih optimum

      Delete
  73. Om mau tanya ada yg tau tidak suhu freon berapa derajat untuk bs mendinginkan evaporator?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau freon atau refrigeran suhunya tergantung tekanan kerjanya mas. Selain itu evaporatornya AC atau lemari es itu berbeda

      Delete
  74. Om mau tanya ada yg tau tidak suhu freon berapa derajat untuk bs mendinginkan evaporator?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung desainnya mas. Kami beberapa bulan yang mendesain cooling chamber, suhu evaporaornya -30an deajat

      Delete
  75. Pagi mas. mau tanya. bisa tidak kita gunakan thermal peltier dirangkaikan dengan kipas angin untk dijadikan AC alternatif ?

    ReplyDelete
  76. Mohon dibantu koreksi, saya làgi mau bikin nih pendinginan (airflow) udara aja sih. Rangkaiannya gini mas : sisi panas peltier diberikan heatsink (berbentuk radiator) dan kipasnya, pada sisi panas ini mendapatkan hawa yg sudah disemburkan oleh sisi dingin melalui pipa tembaga dari waterblok yg ada disisi pendingin, efektif ga cara tersebut agar suhu panas pada sisi pertilier terjaga agar tidak terlampau panas? Jadi intinya saat udara dingin sudah didapat dari waterblok yg dihembuskan oleh kipas yg juga mengunakan pipa tembaga untuk mendinginkan sesuatu lalu jalur pipa tembaga diakhirnya sebelum masuk ke pompa air melewati dulu heatsink sisi panas pertilier lalu ke pembuangan air, air disedot lalu didistribusikan kembali ke water blok sisi dingin pertilier kemudian mendinginkan sesuatu benda lain lalu air melewati heatsink sisi panas pertilier masuk kembali ke tampungan air begitu dan seterusnya .. apakah bisa demikian????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya krg efektif om kl menurut sy.ada kmungkinan suhu sisi panas akan teratasi,tp suhu sisi dingin kmungkinan tdk didapat.mendingan uji coba 1 peltier dulu om kl dah paham cara mengatasi sisi panas,baru cari cara agar bs dapat udara dingin(ac).tp sisi panas peltier harus benar teratasi,kl pake heatsink untuk sisi panas harus yg tebal,banyak sirip,n fan jg high speed.kl peralatan untuk sisi panas tdk yg bagus maka akan sia sia,soalnya sy dh uji coba.

      Delete
    2. Sepertinya krg efektif om kl menurut sy.ada kmungkinan suhu sisi panas akan teratasi,tp suhu sisi dingin kmungkinan tdk didapat.mendingan uji coba 1 peltier dulu om kl dah paham cara mengatasi sisi panas,baru cari cara agar bs dapat udara dingin(ac).tp sisi panas peltier harus benar teratasi,kl pake heatsink untuk sisi panas harus yg tebal,banyak sirip,n fan jg high speed.kl peralatan untuk sisi panas tdk yg bagus maka akan sia sia,soalnya sy dh uji coba.

      Delete
    3. Monggo dibaca disini:
      http://catatan-teknik.blogspot.com/2017/04/membuat-air-conditioner-ac-dengan.html

      Delete
  77. Maaf mau tanya kalau peltier dibacanya apa. Kan misalnya vixon dibaca viksn gitu. Maaf gan ane kurang gaul hehe..

    ReplyDelete
  78. Lebih baik lagi kalau pakai water block sirkulasi air,bisa lebih dingiiinnn

    ReplyDelete
  79. Assalamu'alaikum Om Tri..!
    Saya ingin mendinginkan ruangan dengan peltier. Peltier yang sudah bisa mendinginkan suhu bila ditaruh dibelakang kipas biar disedot dan disemburkan apakah efektif bisa menurunkan suhu? Sisi dingin peltier sebaiknya dikasih media apa biar bisa disedot kipas secara maksimal? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan baca disini ya mas supri:
      http://catatan-teknik.blogspot.com/2017/04/membuat-air-conditioner-ac-dengan.html

      Delete
  80. Gan ko peltier saya pake double kipas tetep yg panasnya tambah panas ya..,
    Gimana caranya biar gk panas dan menghasilkan dingin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lah, yang ditambahkan jangan kipasnya saja, heat sinknya juga wajib

      Delete
  81. Asalamualaikum mas mau tnya apakah peltier 1 buah bisa ditenagai batere? Kalo bisa jenis batere yg mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, kalau pertanyaannya bisa atau engga, ya jawabannya bisa saja. Batera A2 dua biji aja udah kerasa dingin kok. Tapi ya gitu, sekedar rasa dingin dan paling cuma sebentar efek dinginnya karea batere kan akan habis jika digunakan terus

      Delete
  82. Bisa Ndak untuk mendinginkan akuarium 100×50×50cm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pertanyaannya bisa atau tidak, ya jawabannya ya bisa. Tapi kalau ditanya lagi butuh berapa, ini yang perlu dihitung

      Delete
    2. Assalamualaikum pak untuk menghitung nya harus menghitung apa saja ya pak mohon pencerahanya pak

      Delete
  83. mas mau nanya
    kalau rangkaian peltier ini dibuat pendingin ruangan 3x3m bisa g?
    kalau bisa minta share bagaimana rangkaiannya.
    email saya sampun73@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sering dibahas ini mas, silakan baca-baca disini:
      http://catatan-teknik.blogspot.com/2017/04/membuat-air-conditioner-ac-dengan.html

      Delete
  84. Mas mau nanya sm mau pesan klo bisa' wa 082393317731 no hp 085299336067

    ReplyDelete
  85. Mas,,klo untuk mendinginkan heatsink amplifier aman gk kira" ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung disipasi kalor dari amplifiernya mas. Paling gampang adalah kita asumsikan bahwa daya listrik yang dikonsumsi oleh amplifier menjadi kalor semua, sehingga kalor sebesar inilah yang harus dibuang. Nah, aman atau tidak bisa kita lihat cooling capacity dari TECnya, minimal sama dengan disipasi kalornya.

      Delete
  86. pakai adaptor laptop sisi dingin cuma dpt 22oC,,apakah krg besar Amperny? sisi dingin lebih baik pakai heatstink /tdk ya? Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. adaptor laptopnya berapa arus maximumnya?
      Spek minimum power supply untuk TEC1-12706 adalah 12V, 5A. Jika arusnya lebih besar ga masalah, tapi kalo lebih kecil bisa jadi psnya rusak atau TECnya ga dingin.
      2. Tergantung Anda mengaplikasikannya dimana Mas

      Delete
  87. Pak, Masbrow, Makasih info nya.
    Mau bertanya dikit, Dalam hal ini Peltier 12706 vs 12710 vs 12715 kalau di gunakan untuk mendinginkan (Chiller) ada beda nya ga yah? Kan semua 12V hanya beda 6A vs 10A vs 15A.
    Atau hasil pendinginannya /sisi dinginnya sama aja untuk ke tiga jenis peltier tersebut?
    Terengkiu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya jelas beda mas. Bisa dilihat di datsheetnya semua properties berbeda.
      Beberapa hal yang berbeda implikasi dari perbedaan ini adalah:
      1. Dengan arus yang lebih besar maka kapasitas pendinginannya juga lebih besar.
      2. Selain kapasitas pendinginann ya maka, disipasi kaor di sisi panas untuk arus yang berbeda juga lebih besar, ini artinya Anda harus menyiapkan sistem pendingin untuk sisi panas lebih baik.
      3. Karena arusnya lebih besar maka Anda harus mempersipakan ps DC yang arusnya lebih besar juga.

      Delete
  88. Permisi mas.
    Kalo PS nya 12v 20a, untuk mendapatkan dingin maksimum menggunakan berapa peltier ya mas ? Trus jadi pertimbangan juga ga fan yg di pake ??
    Kalo dengan data diatas kulkas yg di buat untuk dapat menghasilkan suhu 0-5 derajat , ukuran nya berapa juga ya mas ?
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kira-kira bisa 4 TEC1-12706 mas Awan. satu TEC jenis ini bisa konsumsi sekita 4-5A, nah karena PSnya bisa sampai 20 A maka bisa sampai 4 TEC.
      2. Jelas fan termasuk hal yang penting. Sebenarnya bukannya fan saja tapi sistem pendingin sisi panas TECnya. Sistem pendingin yang paling sederhana ya terdiri dari heat sink. Untuk yang lebih baik bisa menggunakan heatpipe-sink-fan. Bisa juga dengan sistem pendingin water cooling dengan miniradiator.
      3. Ini pertanyaan sering diajukan. Untuk menjawab ini tidak bisa dengan terbatas seperti ini. Kalaupun sudah ada data yang dibutuhkan, kita butuh waktu untuk menghitungnya.

      Delete
  89. Jadi gak masalah ya, bila kutub nya di balik ? apa gak merusak peltier-nya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga masalah mas Darmono, selama sisi panas didinginkan dengan baik. Tentunya kalau kutubnya dibalik maka sisi panas dan sisi dingin akan terbalik juga.

      Delete
  90. Mas untuk mendinginkan ruangan 3x3meter sampai suhu 20°C kira kira butuh berapa peltier ya...??

    ReplyDelete
  91. Siang mas, mengapa peltier saya coba test kasi voltage bagus saja, namun setelah saya pasangkan ke heatshink nya kok tidak berfungsi ya? Tidak panas maupun dingin, apakah peltier nya rusak, karena begitu saya lepas dari heatshink dan di test lagi sudah tidak berfungsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang,
      Iya itu rusak mas.
      Untuk mengetes TEC boleh kasih tegangan tanpa heat sink, tapi jangan lama-lama. Begitu kerasa dingin dan panas, cepat-cepat dilepas tegangannya.
      Jika terlalu lama, sisi panas akan menjadi panas sekali karena tanpa heat sink sehingga dapat melelehkan solderan di dalam TEC. Jika sudah begini biasanya putus/rusak.

      Delete
    2. Siang mamaumohon pencerahan nya lagi, peltier sdh ganti yg baru dan berfungsi, namun setelah dipasangkan ke headshink sisi dinginnya kok malah ikutan hangat ya, padahal heatshink sisi panasnya cuman hangat saja dan sdh pakai kipas cooler. Mohon pencerahannya mas apakah yg kurang. Untuk peltiernya sisi yg nempel ke heatshink sdh kukasi semacam silicon grease warna putih

      Delete
    3. harus liat langsung nih. Coba dijawab pertanyaannya2 ini mas Taufik:
      1. Udah dicek sebelumnya kah sisi dinginnya bisa dingin?
      2. Power supplynya yang berapa volt? berapa ampere?
      3. Coba yang sisi dingin ga usah dipakein heatsink dulu, terus sisi panas kasih heatsink dan fan. Apakah sisi dinginnya jadi dingin?

      Delete
  92. Gan no wa nya berapa atau lokasi dimana?

    ReplyDelete
  93. Siip. Mas Tri ayodha..!! inspiratif bgt.. suksess trs buat anda.
    tetap berkarya mas...

    ReplyDelete
  94. Mau tanya om, tec 12706 pakek adaptor 12v 2a bisa gak?
    Makasih

    ReplyDelete
  95. Sebenarnya sisi dingin itu yg mana. Yg ada tulisan? (ada tulisan menghadap ke kita kabel diatas sebelah kanan merah) atau yg tidak ada tulisan (menghadap ke kita kabel diatas kanan hitam).mohon penjelasan. Saya sampe bosen beli peltier tapi dingin cuma 10 detik terus panas. Pake 12v 2A, 5A sama saja. Heatsink pake, pasta juga. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kabel merah sambung ke positif dan hita sambung ke negatif, maka yang dingin adalah yang ada tulisannya.
      Wah, udah coba ikutin langkah2nya?
      Mungkin bisa liat fotonya mungkin ada kesalahan.

      Delete
    2. Sudah pak, merah sama merah, hitam sama hitam. Yg dingin yg tidak ada tulisan tapi cuma 10detik terus panas semua.

      Delete
    3. Oh gitu ya mas, harus lihat fotonya sepertinya kalo sudah seperti ini, mungkin bisa saya liat masalahnya dimana.
      Kalo berdasarkan pengalaman saya selama ini:
      1. Kalau sudah disambungkan yang merah ke + dan hitam ke - kemudian ternyata yang dingin adalah yang tidak ada tulisannya biasanya itu produk lama (stok lama mungkin). Sudah sekitar 1-2 tahun belakangan saya import semuanya yang ada tulisannya yang dingin.
      2. Kalau ditunggu sebentar terus jadi panas keduanya kemungkinan ya TECnya yang rusak. Saya pernah beberapa kali menemukan kasus seperti ini. Jadi pas pertama keduanya dingin tapi lama-lama di sisi dingin ada bagian yang panasnya. Nah kalo udah seperti ini ya sudah pasrah mas hehehe harus beli yang baru.

      Delete
  96. Saya bikin koq dominan di panasnya di banding dinginnya.apa heatsinknya kurang gede apa gimama

    ReplyDelete
  97. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  98. Mau tanya kak, saya ini mau buat tempat pendingin ikan dengan menggunakan 1 peltier? Apakah itu bisa sampai 0*C ?
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete