Buat yang masih bingung bagaimana cara kerja AC

Kalau masih bingung dengan sistem refrigeasi mungkin penjelasan contoh di bawah ini dapat membantu.

Misalkan ada sebuah AC Pendingin dengan refrigeran R22 yang memiliki kondisi kerja  tekanan tinggi (HP) 2 MPa dan tekanan rendah (LP)0.7 Mpa.

Perhatikan juga gambar 1 pada "Cara Kerja Air Conditioner". Misalkan diawali dengan proses dari nomor 1 ke nomor 2.  R22 di titik 1 berada di tekanan rendah (0.7 MPa), kemudian  mengalami kompresi secara isentropik ke titik 2 sehingga menjadi tekanan tinggi (2MPa).  Pada titik 2 suhu  refrigeran R22 menjadi sekitar 75 derajat celcius dalam bentuk gas.


Sejanjutnya dari nomor 2 ke nomor 3. Suhu 75 derajat celcius ini lebih tinggi dari pada udara lingkungan sekitar kondenser (misalkan udara sekitar kondenser 28 derajat celcius) sehingga refrigeran melepaskan kalor.  Akibatnya  temperatur refrigeran turun sampai refrigeran mulai mengembun, pada tekanan 2 MPa R22 mulai mengembun pada temperature sekitar 40 derajat celcius. Pada temperatur  ini (40 derajat celcius) masih lebih tinggi dari pada  suhu udara lingkungan, refrigeran tetap melepaskan kalor. Pelepasan kalor kali ini tidak menurunkan suhu tetapi merubah fasa refrigeran yang tadinya befasa gas berubah menjadi fasa cair (mengembun/kondensasi). Refrigeran terus mengalami pengembunan/kondensasi dari yang  seluruhnya gas-->  menjadi campuran gas-cair --> dan akhirnya menjadi cair semua. Proses ini berlangsung pada kondenser, sesuai dengan namanya kondenser berfungsi untuk mengkondensasikan refrigeran. Kondenser  ini diletakkan di luar ruangan yang ingin didinginkan (misalkan di  luar rumah/gedung).

Selanjutnya dari nomor 3 ke nomor 4. Setelah fasa refrigeran menjadi cair semua, kemudian mengalami ekspansi yang menyebabkan tekanan refrigeran turun dari tekanan tinggi (2 MPa) menjadi tekanan rendah (0.7 MPa) secara isoentalphy. Penurunan tekanan ini disertai dengan penurunan suhu  yang sangat drastis. Refrigeran R22 pada keadaan ini dan tekanan 0.7 MPa mempunyai suhu sekitar  15 derajat celcius. Fasanya pun sedikit berubah, yang semula berfasa cair semua menjadi ada sedikit  fasa gas.

Kembali ke awal dari nomor 4 ke nomor 1. Suhu 15 derajat celcius ini lebih rendah dari pada Suhu udara ruangan yang didinginkan (misalkan awalnya ruangan bersuhu 25 derajat celcius). Akibatnya terjadi perpindahan kalor dari udara ruangan yang didinginkan ke refrigeran.  Namun perpindahan kalor ini tidak membuat refrigeran mengalami keniakan suhu melainkan mengalami perubahan fasa. Refrigeran mengalami perubahan fasa dari yang tadinya banyak berfasa cair menjadi fasa gas. Proses ini berlangsung pada evaporator, sesuai dengan namanya evaporator berfungsi untuk menguapkan (evaporasi) refrigeran.

Sedangkan jika ditinjau dari udara ruangan yang ingin didinginkan maka udara tersebut mengalami perpindahan kalor ke refrigeran sehingga udara kehilangan kalor. Kehilangan kalor ini menyebabkan temperatur  udara menjadi turun.

Pelajari juga diagram P-h dan Siklus Refrigerasi dalam Diagram P-h!

8 comments:

  1. di gambar ga ada nomernya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://catatan-teknik.blogspot.co.id/2010/10/cara-kerja-air-conditioner.html

      ada disini nomernya

      Delete
  2. penomeran pada gambar sistem kerja pada AC nya mungkin lupa yah gan? padahal info cara kerja air conditioner sangat menarik, terutama bagi mahasiswa enginering seperti saya yang sedang mempelajari cara kerja air conditioner khususnya ac daikin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lupa mas, mungkin bisa dilihat dari postingan saya yang lain. Nanti mungkin saya perbaiki gambarnya

      Delete
  3. Your website is really cool and this is a great inspiring article. Heating in Oshawa

    ReplyDelete
  4. Took me time to read all the comments, but I really enjoyed the article. It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the commenters here! It’s always nice when you can not only be informed, but also entertained! Frozone Air

    ReplyDelete
  5. Good post! Thanks for sharing this information. I appreciate it. It is very beneficial for visitors.
    Air Conditioning Annandale

    ReplyDelete
  6. Good post! Thanks for sharing this information. I appreciate it. It is very beneficial for visitors.my AC smells like a wet dog

    ReplyDelete