AHU dan Ducting

AHU merupakan singkatan dari Air Handling Unit. Di AHU ini terjadi proses pengkodisian udara seperti suhu, kelembaban dan kebersihan udara. Di AHU terdapat Cooling Coil, Filter dan Blower (fan). Sedangkan Ducting adalah saluran yang berfungsi menyalurkan udara. Dalam gambar 1 menunjukkan bagaiamana aliran udara dalam ducting dan AHU.



Gambar 1. Skema Ducting dan AHU


Aliran Udara.

Return Air (RA) adalah udara yang disirkulasikan untuk didinginkan kembali dari ruangan yang didalamnya terdapat beban panas.

Outdoor air (OA) adalah udara segar dari luar gedung. Di dalam gedung terdapat banyak manusia yang membutuhkan udara segar. Sedangkan di dalam gedung, terutama di gedung-gedung besar hanya memiliki sedikit jendela. Oleh karena itu udara segar ini disisipkan ke dalam sistem ducting untuk keperluan manusia di dalam gedung. Banyaknya udara luar yang dialirkan dalam sistem ini harus disesuaikan dengan keperluan.

Mixing Air adalah udara campuran dari Return Air dan Outdoor Air. Udara campuran inilah yang akan disupply ke dalam gedung atau ruangan dengan terlebih dahulu dibersihkan dan didinginkan.

RA dan OA bercampur menjadi Mixing air atau udara campuran. Kemudian udara campuran ini melewati filter untuk dibersihkan. Debu-debu akan disaring disini sehingga menjadi lebih bersih. Setelah melewati filter udara campuran ini akan mengalami pendinginan oleh Cooling Coil. Seteleh itu udara yang bersih dan dingin dialirkan ke ruangan-ruangan dan gedung.

Di dalam ruangan terdapat beban panas. Udara dingin yang dialirkan ke ruangan sehingga udara menjadi lebih sejuk.

Karena udara dingin tadi menarik kalor dari beban panas ruangan maka udara tersebut menjadi lebih panas dibandingkan sebelum memasuki ruangan. Udara yang lebih panas inilah yang disebut dengan Return Air (RA). Setelah itu RA akan kembali ke Ducting dan mengalami proses yang sama.


Cooling coil, Blower, dan Filter

Cooling coil merupakan sebuah penukar kalor (Heat Exchanger). Pertukaran kalor terjadi dengan udara yang lewat penukar kalor tersebut. Cooling coil yang lebih dingin akan menarik kalor dari udara yang lewat (Mixing Air) sehingga udara menjadi lebih dingin.

Cooling coil ini dingin karena adanya sistem refrigerasi (bagian evaporator) atau sistem chiller.

Blower dapat berupa kipas (fan) yang berfungsi untuk mengalirkan udara.

Filter mempunyai fungsi untuk membersihkan udara. Filter dapat berupa saringan yang menahan debu-debu sehingga tidak masuk ke ruangan.

13 comments:

  1. Salam kenal pak, saya kepingin belajar ini pak.
    Apakah semua artikel di blog ini ada bukunya pak? Dan saya pengen tahu lebih jauh tentang pendingin. kalau bersedia tolong sms atau telfon nomer saya pak 083168262726. Atau saya minta nomer bpk. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas Rois,
      Bukunya saya rasa ada mas, banyak malah, tapi memang sebagian besar dalam bahasa inggris, rencana saya juga inginnya nulis buku yang bahasa indoensianya. Kalau mau diskusi silakan mas.
      No saya: 081380290082.
      Atau email: thermolabs.teknis@gmail.com

      Delete
  2. Mas kalo ahu itu kan penyalur udara dari evap ya mas, nah kalo komponen mekaniknya itu sebutannya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mekanik yang mana mas? di AHU minimal ada cooling coil, Filter, dan blower

      Delete
  3. mau tanya mas, untuk alur di sistem refrigerasi nya sebelum masuk di cooling coil itu bagaimana ya? terimakasih

    ReplyDelete
  4. Nama saya Oki, 50 th, karywan swasta. Mau tanya :
    1. Media pendingin yang ada di cooling coil berupa apa ?
    2. Apakah media pendingin tsb berasal dari chiller ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal pak Oki,
      CMIIW,
      1. kalau sistem refrigerasinya adalah chiller, berarti yang dialirkan ke cooling coil adalah air.
      2. Betul pak Oki, awalnya air bertukar kalor di chiller sehingga dihasilkan air dingin. kemudian air dingin ini dipompa ke bagian AHU.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. terangkan pak secara ringkas tentang sistem AHU . TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  8. Sistem/fungsi oahu apa ya pak.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oahu itu apa ya?
      Kalau yang anda maksud dalah outdoor air, fungsinya untuk kebutuhan manusia di dalam ruangan. Untuk gedung besar hal ini merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Misalkan mall, di dalamnya bisa jadi ada ribuan orang. Outdoor air itu bisa disamakan dengan fresh air. Manusia yang ada di dalam mall butuh fresh air untuk bernafas. Jika tidak ada ini maka kadar CO2 dalam gedung sangat tinggi akibatnya tidak nyaman bagi manusia dan mungkin hingga membahayakan kesehatan. cmiiw

      Delete
  9. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk Boiler,cooling tower chiller dan waste water treatment untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA:0814-1084-9918
    Terima kasih

    ReplyDelete