Distilasi


Oleh: Tri Ayodha Ajiwiguna

Distilasi adalah salah satu teknik pemisahan mineral dari larutan dengan menggunakan prinsip perbedaan titik didih. Air tawar dapat dihasilkan dari air laut dengan menggunakan teknik ini. Seperti yang diketahui bahwa rasa asin pada air laut terjadi karena adanya mineral garam, NaCl. Untuk memisahkan mineral ini maka air laut dipanaskan sehingga terjadi penguapan air. Namun, karena mineral garam memiliki titik didih yang jauh lebih besar maka mineral tidak menguap melainkan tetap pada larutan tersebut. Akibatnya, uap yang dihasilkan ini dapat dikatakan sebagai uap air murni. Selanjutnya uap air ini dikondesasikan sehingga berubah fasa dari uap menjadi cair yang disebut dengan distilat. Distilat inilah produk dari proses distilasi yang merupakan air murni atau sering disebut dengan aquadest.


Gambar 1. Skema proses distilasi

Gambar 1 menunjukan skema sederhana proses distilasi. Air laut yang mengandung banyak garam awalnya berada dalam tabung. Kemudian air dalam tabung ini dipanaskan sehingga terjadilah penguapan tanpa membawa mineral garam. Uap ini kemudian diarahkan ke kondeser yang terdiri dari pipa diameter kecil untuk jalannya uap air dan pipa berdiamater lebih besar untuk jalannya fluida pendingin. Di kondenser, energi kalor yang dimiliki oleh uap air diserap oleh fluida pendingin sehingga uap air mengalami pelepasan kalor sampai terjadi pengembunan (kondensasi).  Air dalam bentuk cair (hasil pengembunan) ini merupakan air tawar.

Proses distilasi yang dijelaskan di atas dapat dikatakan tidak efisien karena untuk meghasilkan air tawar dibutuhkan banyak sekali energi kalor. Di sisi lain, banyak kalor terbuang ke lingkungan yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan produksi air tawar. Untuk memanfaatkan potensi kalor yang terbuang ini, maka dikenal dengan multi effect distillation (MED).

Distilasi juga dapat digabungkan dengan reneawable energi sebagai sumber kalornya. Energi kalor surya (solar thermal energy) sering kali digunakan untuk hal ini sehingga disebut dengan solar distillation.

Keyword: Distilasi, desalinasi, proses pemurnian air

1 comment: