Daya dan Energi (Power dan Energy)

Energi adalah sebuah konsep yang menunjukkan kapasitas untuk melakukan kerja. Semakin besar energi, maka semakin besar kerja yang dapat dilakukan. Sebagai contoh, untuk memindahkan air dari sumur menuju toren dibutuhkan kerja. Kerja ini dapat dilakukan oleh pompa listrik. Sumber energi memberikan energi berupa listrik ke pompa untuk dikonversikan menjadi energi gerak (putaran) untuk mengalirkan air. Semakin besar energi yang diberikan ke pompa maka semakin banyak kerja yang dilakukan oleh pompa dan secara otomatis lebih banyak pula air yang dialirkan.


Sedangkan daya adalah aliran energi, yaitu banyaknya energi yang mengalir setiap satuan waktu. Jika ada dua buah pompa dengan daya yang berbeda, maka kedua pompa tersebut mengalirkan air dengan debit yang berbeda. Semakin besar daya, maka semakin besar debit air yang dialirkan.


Watt (W)

Satuan International dari energi adalah Joule. Oleh karena itu satuan daya adalah J/s atau Watt. Jadi misalkan sebuah alat mengkonsumsi energi sebesar 100 W, maka alat ini mengkonsumsi energi sebesar 100 Joule setiap 1 detiknya. Sedangkan kW sama dengan 1000 kW, MW sama dengan 1 juta Watt, dan seterusnya.


Watt-hour (Wh)

Watt-hour atau biasa disingkat dengan Wh adalah satuan energi, sama halnya dengan satuan Joule. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa daya adalah banyaknya energi yang mengalir setiap satuan waktu. Hal ini juga berarti bahwa energi adalah daya dialirkan dengan waktu.


Energi dalam satuan Joule adalah Daya (W) dikalikan dengan waktu (s). Sedangkan Wh adalah daya (W) dikalikan dengan waktu (jam). Ini berarti:



Untuk lebih jelasnya, ambil contoh sebuah pompa yang memiliki spesifikasi konsumsi listrik 100W. Pompa ini digunakan selama 2 jam setiap harinya. Dengan kasus seperti ini, maka energi yang dikonsumsi oleh pompa ini adalah 100 W x 2 h, yaitu 200 Wh setiap harinya. 200 Wh ini secara dengan 720000 Joule. Satuan Wh sebagai satuan energi biasanya digunakan untuk konsumsi energi listrik. Tarif listrik juga dikenakan dengan satuan Rp/kWh.


Keyword: W, Wh, kW, kWh, daya, energi, listrik


(Tri Ayodha Ajiwiguna)

No comments:

Post a Comment