Perbedaan off grid dan on grid pada solar panel

 Oleh: Tri Ayodha Ajiwiguna

Ketika solar panel dipasang di suatu rumah maka setidaknya ada 2 pilihan sistem yang bisa dipakai, yaitu off grid and on grid. Grid disini maksundya adalah tergubung dengan jaringan listrik utama, kalau di Indionesia berartu jaringan listrik PLN. Apa perbedaan diantara ketiaganya. Mari kita bahas satu persatu.


1. Off-grid

Di sistem ini, sistem solar panel tidak terhubung dengan jaringan PLN. Dengan sistem ini maka media penyimpan energi listrik seperti baterai sangatlah penting. Hal ini dikarenakan solar panel hanya memproduksi listrik saat radiasi matahari tersedia atau siang hari. Oleh karenanya energi listrik tersebut harus disimpan untuk keperluan malam hari. Kelebihan dari sistem ini adalah administrasinya tidak rumit karena listrik yang dihasilkan hanya untuk keperluan rumah yang memasang sistem solar panel. Akan tetapi kekurangannya adalah harga yang lebih mahal karena harus ada baterai. Saat ini harga baterai masih realtif mahal. Namun seiring berkembangnya teknologi baterai maka kemungkinan di masa yang akan datang harga baterai lebih terjangkau

2. On-Grid

Di sistem ini solar panel terhubung dengan jaringan PLN. Artinya jika produksi listrik yang dihasilkan oleh solar panel lebih besar dari kebutuhan maka listrik akan di ekspor ke jaringan PLN. Sebaliknya jika produksi listrik lebih rendah dari kebutuhan, maka listrk PLN akan menyuplai untuk memenuhi kebutuhan listiknya. Oleh karena itu dibutuhkan kompenen net metering yang mencatat ekspor impor listrik dengan PLN. Sistem ini tidak membutuhkan baterai karena saat malam hari listrik bisa disuplai oleh PLN. Karena sistem ini terhubung dengan jaringan PLN, maka perlu izin dari otoritas PLN saat pemansangan sisitem on-grid. Satu hal lagi, pada saat listrik PLN padam karena suatu masalah, maka solar panel juga diatur agar tidak mengalirkan listrik ke jaringan PLN. Hal ini dikarenakan untuk alasan kemananan. Saat terjadi masalah di jaringan PLN, maka akan ada orang yang memperbaiki jaringan tersebut, jika sistem solar panel tetap mengekspor listrik ke jaringan maka akan bahaya bagi orang yang sedang memperbaiki jaringan tersebut.


keyword: solar panel, off grid, on grid, perbedaan

No comments:

Post a Comment