Tabel Termodinamika Sifat Zat

Oleh: Tri Ayodha Ajiwiguna

Tabel dan grafik properti/sifat zat fluida adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengetahui dan menganalisis proses termodinamika. Tabel dan grafik ini berisi informasi sifat fluida yaitu volume spesifik, energi dalam, entalpi dan entropi. Dalam aplikasinya pun tabel dan grafik sering kali digunakan, sebagai contoh untuk mempelajari sistem termodinamika pembangkit listrik tenaga uap dan sistem refrigerasi kompresi uap.

Sebelum membahas tentang aplikasinya, membaca dan mengerti penggunaan tabel adalah hal yang penting. Untuk memahami cara mebaca tabel sifat fluida maka hal yang pertama harus dilakuakan adalah dengan memiliki tabelnya terlebih dahulu. Untuk tabel sifat air (H20), R134a, dan CO2 dapat dilihat dan didownload di:
atau

Ada beberapa jenis tabel untuk fluida kerja yang mengalami perubahan fasa dari cair (liquid) ke gas (vapor) antara lain: tabel compressed liquid, saturasi, dan superheated gas.

Gambar 1. (a) Tabel compressed liquid, (b) Tabel saturasi, (c) Tabel superheated gas

Gambar 1 merupakan contoh dari tabel dari ketiga fasa fluida. Beberapa informasi dapat dicari dengan menggunakan tabel ini. Contoh: Berapakah volume spesifik air pada saat memiliki tekanan 5 Mpa dengan temperatur 40 oC?

Air pada keadaan tersebut dalam fasa compressed liquid. Oleh karena itu tabel tersebut digunakan dan didapatkan bahwa nilai volume spesifiknya adalah 0.001006 m3/kg.
Gambar 2. Mencari informasi dari tabel.

Terkadang informasi yang ingin dicari tidak tertera di dalam tabel. Untuk kasus seperti ini dapat digunakan pendekatan interpolasi. Sebagai contoh: Berapakah entalpi dari air yang memiliki tekanan 5 MPa dan temperatur 50 oC?

Interpolasi yang digunakan dengan mencari nilai diantara temperatur yang ada dalam tabel. Nilai 50 oC berada di antara temperatur 40 oC dan 60 oC. Selanjutnya adalah menganggap perubahan nilai sifat zat bersifat linier dalam selang tersebut. Berikut perhitungannya:


Sehingga didapat entalpinya adalah 213.7 kJ/kg

No comments:

Post a Comment