Solar Charge Controller

 Oleh: Tri Ayodha Ajiwiguna

Salah satu komponen penting dalam sistem solar panel off grid adalah Solar Charge Controller (SCC). Sebenarnya bukan hanya sistem solar panel yang membutuhkan komponen ini, tapi pembangkit listrik lain juga membutuhkan ini jika sistem menggunakan media penyimpan energi, yaitu baterai.

Apa itu Solar Charge Controller (SCC)?

Pada dasarnya fungsi dari SCC itu sederhana, yaitu menghalangi arus berbalik ke solar panel dan solar menghindari baterai dari keadaan “over charged”. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih detil.

Menghindari “overcharged” pada baterai

Saat solar panel mendapatkan radiasi cukup tinggi maka akan menghasilkan energi listrik dalam bentuk tegangan dan arus. Ketika baterai dalam kondisi tidak penuh maka listrik dari solar panel digunakan untuk mengisi energi dalam baterai atau yang sering disebut dengan “baterai sedang dicharge”. Pertanyaannya bagaimana jika baterai sudah penuh? Tanpa SCC, solar panel akan terus memeberikan listrik yang dihasilkan ke baterai padahal baterai sudah tidak bisa menyimpan energi listrik lagi karena sudah penuh. Akibatnya tegangan bisa menjadi terlalu tinggi. Keadaan seperti ini akan membuat baterai rusak dan umurnya pendek. Bukan tidak mungkin tegangan yang terlalu tinggi akan mempengaruhi kompoenen lainnya seperti inverter.

Menghindari arus balik ke solar panel

Pada saat keadan solar panel menerima radiasi matarhari yang cukup rendah, misalnya saat malam hari, maka tegangan listrik yang dihasilkan oleh solar panel juga kecil. Pada keadaan ini bukan tidak mungkin tegangan baterai lebih tinggi dibandingkan dengan tegangan solar panel. Arus listrik selalu mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan rendah. Oleh karenanya tanpa SCC arus dapat mengalir kembali ke solar panel. Ini artinya energi yang suda tersimpan di baterai akan terbuang sia-sia. Oleh karena itu arus berbalik ke solar panel harus dihindari. SCC memiliki peran untuk mengatur hal ini.

Hingga saat ini setidaknya tipe SCC yang tersedia di pasaran, yaitu Pulse Width Modulation (PWM) dan Maximum power point tracking (MPPT).  


keyword: Solar photo-votaic, solar panel, solar charge controller, prinsip dasar

No comments:

Post a Comment